Kamis, 09 Juli 2020

Kursus Komputer oleh P Ratno Part 15.1

[9/7 18.48] +62 896-6550-0464: .
--------------------------------------------------------
Materi K-015 (bagian 1):
     Penggunaan istilah GPU, IGP
     (IGC), VGA onboard, VGA card
     (kartu VGA), dan graphics card
     (kartu grafis).

       Pada bahasan yang lalu dijelaskan bahwa GPU bertugas melaksanakan "perintah" CPU untuk melanjutkan pengolahan data grafis hasil pemrosesan CPU untuk ditampilkan di monitor. Tepatnya, GPU berfungsi khusus sebagai pemroses (rendering) data grafis, baik data 2 dimensi (2D) atau data 3 dimensi (3D) untuk ditampilkan di layar monitor.
       Secara fisik, pada bahasan perangkat keras komputer (PC), terdapat beberapa golongan GPU, yaitu GPU diskrit (eksternal), GPU onboard, dan GPU terintegrasi. Untuk memahami lebih rinci, berikut ini disajikan histori (sejarah) keberadaan GPU itu sendiri.

1.  GPU eksternal (kartu grafis).

       Pada awalnya, GPU dikemas dalam bentuk card (kartu). Card/kartu ini kemudian dikenal dengan nama graphics card (kartu grafis) atau video card (kartu video). Selain itu, dikenal pula dengan berbagai nama, antara lain graphics adapter, graphics board, video adapter, display card, dan display adapter.
[9/7 18.50] +62 896-6550-0464: .

       Dalam penggunaannya, kartu tersebut ditancapkan pada slot untuk card yang umumnya tersedia berjajar pada motherboard. Jajaran slot ini disebut sebagai slot ekspansi.
[9/7 18.51] +62 896-6550-0464: .

Jenis kartu grafis yang digunakan pada saat itu antara lain CGA card, EGA card, dan lain-lainnya, bergantung pada tipe monitor yang digunakan. Jika tipe monitornya adalah CGA, maka kartu grafis yang digunakan adalah CGA card. Jika tipe monitornya EGA, maka kartu grafis yang digunakan adalah EGA card.
       Pada perkembangan berikutnya, muncullah tipe monitor VGA. Sehingga kartu grafis yang digunakan disebut VGA card. Banyak sekali varian (jenis) turunan dari monitor VGA saat ini, antara lain SVGA, XGA, WXGA, dan lain-lainnya. Namun, kartu grafis yang digunakan tetap disebut VGA card.
       Jadi, kesimpulannya, sebenarnya terdapat banyak jenis kartu grafis. Nama kartu grafis ini disesuaikan dengan tipe monitor yang digunakan. Karena tipe monitor yang umum digunakan saat ini adalah tipe VGA dan turunannya, maka kartu grafisnya disebut dengan nama VGA card.
       Istilah kartu grafis (graphics card) atau kartu video (video card) adalah istilah umum untuk menyebut berbagai jenis kartu grafis. Sedangkan VGA card, EGA card, CGA card adalah istilah yang lebih khusus (spesifik) yang digunakan untuk menyebut spesifikasi card tersebut.
       Pada bahasan kita selanjutnya, akan kita gunakan istilah umum, yaitu kartu grafis atau kartu video untuk menghindari kesalahpahaman. Istilah kartu grafis atau kartu video, umum digunakan pada forum-forum ilmiah. Sedangkan istilah VGA card digunakan bila sudah diketahui secara pasti spesifikasinya bahwa kartu grafis tersebut benar-benar kartu VGA.
       GPU yang dikemas dalam bentuk card semacam ini disebut (digolongkan) sebagai GPU diskrit (terpisah) atau GPU eksternal.

(bersambung... )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar