Kamis, 09 Juli 2020

Kursus Komputer oleh P Ratno Part 15.2

[9/7 18.53] +62 896-6550-0464: .
--------------------------------------------------------
Materi K-015 (bagian 2): Lanjutan
     penggunaan istilah GPU, IGP
     (IGC), VGA onboard, VGA card
     (kartu VGA), dan graphics card
     (kartu grafis).


2.  GPU terintegrasi.

       Pada perkembangan teknologi berikutnya, GPU tidak hanya dikemas dalam bentuk kartu grafis. GPU dikemas disatukan (diintegrasikan) ke dalam chipset, yaitu ke chip northbridge yang ada di motherboard.
[9/7 18.54] +62 896-6550-0464: .

Dengan cara seperti ini disain PC menjadi tampak lebih ringkas, karena tidak memerlukan kartu grafis lagi, karena GPU sudah menjadi satu dengan motherboard (tepatnya di dalam chip northbridge tadi). Pada panel belakang (back panel) motherboard dipasang konektor untuk sambungan langsung ke monitor.
[9/7 18.54] +62 896-6550-0464: .

GPU yang diintegrasikan ke dalam chip northbridge ini dikenal dengan nama ilmiah IGP (Integrated Graphics Processor) atau IGC (Integrated Graphics Controller). Namun, banyak yang menyebutnya dengan nama VGA onboard.
       Pada bahasan kita selanjutnya, sebaiknya tetap menggunakan istilah aslinya (ilmiahnya) yaitu IGP atau IGC agar tidak salah kaprah. Sebab, istilah onboard bermakna "ada pada board". Kalau diteliti, pada motherboard, tidak terdapat chip grafis yang tersolder langsung pada motherboard. Chip grafis tersebut terintegrasi pada chip northbridge. Chip northbridge inilah yang tersolder pada motherboard. Jadi, istilah yang lebih tepat untuk grafis (GPU) terintegrasi seperti ini adalah IGP atau IGC tadi.

.
3.  GPU onboard.

       Terdapat pula GPU yang dikemas tersolder langsung pada motherboard. Contohnya adalah chip VGA onboard yang ada pada motherboard PC laptop merek Asus seri A45V. Pada motherboard ini, terdapat chip grafis tersendiri yang tersolder langsung pada motherboard, walaupun sebenarnya laptop ini juga memiliki GPU yang terintegrasi pada CPUnya. Artinya, PC laptop ini memiliki dua buah GPU, yaitu GPU yang terintegrasi pada CPU, dan GPU yang tersolder pada motherboard. Pengguna laptop dapat memilih GPU mana yang akan diaktifkan saat mengoperasikan laptopnya.
[9/7 18.55] +62 896-6550-0464: .


       Kemasan GPU semacam ini umum digunakan pada mikroprosesor PC masa kini, misalnya pada mikroprosesor Core i3, Core i5 dan Core i7 generasi kedua atau setelahnya. PC yang menggunakan mikroprosesor tersebut di atas tidak lagi memerlukan kartu grafis. Namun, bila pada PC tersebut dipasangkan kartu grafis, juga tidak menjadi masalah.
       Pada kasus semacam ini, tidak dapat dikatakan bahwa motherboard yang digunakan pada PC tersebut bersifat "onboard VGA" atau memiliki "VGA terintegrasi", walaupun pada motherboard tersebut juga terdapat konektor/port untuk sambungan ke monitor. Karena pada dasarnya GPU-nya tidak terdapat pada motherboard, tetapi terdapat pada mikroprosesornya.
       Pada mikroprosesor mobile (mikroprosesor untuk laptop), chip grafis tadi terlihat langsung dengan jelas seperti disajikan pada foto di atas. Sedangkan pada mikroprosesor desktop atau server, chip grafis tadi tidak terlihat dari luar karena tertutup IHS (Integrated Heat Spreader).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar