Jumat, 03 Juli 2020

Kursus Komputer oleh P Ratno Part 14

.
----------------------------------------------------------
Materi K-014: Keberadaan bus pada
       berbagai komponen pada
       motherboard.

       Pada sesi yang lalu dibahas berbagai macam bus (seperti FSB, bus memori, bus grafis, dan lain-lainnya) yang terdapat pada motherboard. Bus-bus ini sebenarnya tidak hanya terdapat pada motherboard, tetapi juga terdapat pada komponen yang terhubung/terkoneksi langsung dengan bus tersebut.
       Misalnya FSB yang menghubungkan CPU dengan chip northbridge. Jalur bus ini tidak hanya ada pada motherboard, tetapi juga terdapat pada CPU, dan chip northbridge.
       Jalur FSB pada motherboard terkoneksi langsung ke jalur FSB yang ada pada CPU, dan juga terkoneksi langsung ke jalu FSB yang ada pada chip northbridge.
       Begitu pula bus memori yang menghubungkan modul memori utama dengan chip northbridge. Jalur bus tersebut, selain terdapat pada motherboard, terdapat pula pada modul memori utama dan chip northbridge.
       Pada prinsipnya, bus yang terdapat pada motherboard, juga terdapat pada komponen yang terkoneksi langsung dengan jalur bus yang bersangkutan.
       Berikut ini disajikan video ilustrasi tentang keberadaan berbagai bus tersebut di atas.
----------------------------------------------------------
.
Video : Download


.
Pertanyaan anda:
       "Apakah bus itu memiliki nilai satuan?"

Penjelasan:

       Bus juga memiliki satuan-satuan ukuran tergantung kasus/topik bahasannya. Misalnya:
- lebar bus (buswidth), satuannya
  adalah bit. Misalnya 8 bit, 16 bit,
  32 bit, 64 bit.
- frekuensi bus, satuannya Hz,
  Misalnya 100 Mhz, 1 GHz.
- Bandwidth bus, satuannya bps
  (bit per second) atau Bps (Byte
   per second). Misal 800 Mbps,
   3,2 Gbps.


Pertanyaan anda:
       "Klo ada keterangan USB 2.0 / 3.0 itu maksudnya apa?"

Penjelasan:
       USB 2.0 bermakna USB versi 2.0. Jika pada suatu perangkat komputer (misalnya flashdisk, modem, printer, dan lain-lainnya) tertera tulisan USB 2.0, maknanya perangkat tersebut menggunakan saluran/konektor/interface USB versi 2.0.
       USB versi 2.0 memiliki bandwidth (kecepatan transfer data) maksimum 480 Mbps. USB 2.0 sering juga disebut dengan istilah USB Hi-Speed.
       Sedangkan USB 3.0 bermakna USB versi 3.0. Jika pada suatu perangkat komputer (misalnya flashdisk, modem, printer, dan lain-lainnya) tertera tulisan USB 3.0, maknanya perangkat tersebut menggunakan saluran/konektor/interface USB versi 3.0.
       USB versi 3.0 memiliki bandwidth (kecepatan transfer data) maksimum 5 Gbps. USB versi 3.0 disebut juga dengan istilah USB SuperSpeed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar